Tugas pokok dan fungsi

No JABATAN FILE
1 Job Description DSTI  Lihat

Tugas dan Tanggung Jawab

1

Direktur DSTI

  1. Mempersiapkan tiap-tiap subunit dalam proses pengerjaan permintaan program dari unit-unit terkait di lingkup area Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  2. Mengawasi kinerja dan proses pengembangan program yang sudah atau belum di kembangkan sebelumnya
  3. Mengorganisir tiap-tiap subunit di DSTI untuk dapat bekerja berdampingan dan dapat digabungkan hasil dari tiap-tiap subunit yang telah dikerjakan
  4. Menjadi jembatan komunikasi DSTI dengan pihak unit di luar DSTI di lingkup area Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  5. Melakukan peninjauan proses pembaruan antara unit-unit pengembang di area lingkup DSTI dalam proses pengembangan sebuah sistem informasi
  6. Pengambil kebijakan, penentu arah dan alur bisnis yang telah disepakati dengan unit terkait di lingkup area Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
2

Kepala Bagian

  1. Mengkoordinasikan antara kasie database dan kasie pemrograman dalam pengembangan SI UMSIDA
  2. Mengupdate teknologi SI UMSIDA
  3. Mengupdate coding SI UMSIDA
  4. Mengevaluasi sistem SI UMSIDA
3

Kasi Database

  1. Mengoptimalkan kinerja sistem sebaik, secepat dan seefisien mungkin untuk memberikan kemudahan layanan pada pengguna.
  2. Menuliskan dan mendeskripsikan alur kerja suatu program aplikasi web yang menjadi kebutuhan Institusi.
  3. Menstandartkan Bahasa pemrograman untuk pembuatan aplikasi.
  4. Mengintegrasikan antara CMS yang ada dengan sistem yang dibuat oleh Tim DSTI
  5. Menetapkan tahapan program baru dan atau update yang terukur (SOP) : ▪
    Analisa (besama dengan divisi database, network dan server) ▪ Desain
    (bersama dengan divisi database) ▪ Coding ▪ Ujicoba (besama dengan
    divisi database, network dan server) ▪ Pantest (besama dengan divisi
    database, network dan server) ▪ Dokumentasi ▪ Relies
  6. HAKI, PATEN, dan mempublikasikan adalah bentuk luaran karya DSTI untuk menunjang kebutuhan  kampus.
  7. Dengan pihak ketiga, membuatkan API untuk kebutuhan output laporan data Institusi untuk memenuhi kebutuhan akreditasi
4

Kasi Pemrograman

A. Aspek Umum

  1. Mengoptimalkan kinerja sistem sebaik, secepat dan seefisien mungkin pada team programmer untuk memberikan kemudahan layanan pada pengguna di civitas akademika UMSIDA.
  2.  Mengevaluasi kemampuan skill personil programmer dalam bentuk pelatihan &/ workshop  berdasarkan perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan SI UMSIDA.
  3. HAKI, PATEN, dan publikasi adalah bentuk luaran karya DSTI untuk menunjang kebutuhan kampus.
  4. Berkoordinasi dengan divisi, kabid dan direktur akan pelaksanaan teknis.

B. ASPEK KHUSUS

  1. Menetapkan tahapan program baru dan atau update : ▪ Analisa (besama dengan divisi database, network dan server) ▪ Desain (bersama dengan divisi database) ▪ Coding ▪ Ujicoba (besama dengan divisi database, network dan server) ▪ Pantest (besama dengan divisi database, network dan server) ▪
    Dokumentasi ▪ Relies dan menentapkan versi.
  2. Menerima dan menindaklanjuti laporan bug dan error dari pengguna atau unit yang selanjutnya dilakukan sesuai tahapan poin 5.
  3. Menstandartkan Bahasa pemrograman untuk pembuatan aplikasi pada masing masing platform (web, desktop program dan mobile program).
  4. Mengintegrasikan antara CMS yang ada dengan sistem yang dibuat oleh Tim DSTI
  5. Berkoordinasi dengan divisi database, dalam hal: ▪ Desain database pada program baru atau update. ▪ Laporan bug & error. ▪ Menciptakan API untuk kebutuhan internal atau pihak ketiga.
  6. Berkoordinasi dengan divisi network dan server, dalam hal: ▪ Install program SI UMSIDA di server. ▪ Laporan bug & error, tinjauan dari sisi network dan server ▪ Proses backup periodic pada program SI UMSIDA.
  7. Mendata, menganalisa dan mengimplementasikan program dengan pihak ketiga sesuai dengan  ketentuan dan aturan institusi
5

Kasi Server dan Jaringan

  1. Mengingatkan dan memberi pemahaman mengenai keamanan jaringan dan server pada system informasi
  2. Mengidentifikasi potensi-potensi ancaman keamanan terhadap jaringan dan server
  3. Melakukan evaluasi dan pengembangan pendekatan solusi terkait dengan keamanan system informasi
  4. Mengimplementasikan solusi system keamanan jaringan dan server pada system informasi
  5. Menerapkan Kata Sandi dan enkripsi terupdate